Kamis, 13 September 2012

Epson R230 Head masih baru tapi hasil print kosong


             Beberapa waktu yang lalu saya menemukan printer Epson R230  yang bisa dibilang mempunyai penyakit atau kerusakan yang aneh, printer ini masih baru, semua kondisi spare partnya masih baru, akan tetapi jika di gunakan untuk print hasilnya selalu kosong, pernah terpikirkan kerusakan pada head atau purge unit, tpai setelah kedua spare part itu syay coba ganti ternyata tidak berhasil, hasil printnya tetap kosong.

akhirnya saya putuskan untuk ke tempat mbah google, stelah muter muter sana sini akhirnya ketemu juga masalah yang saya hadapi.

Ternyata kerusakan sperti itu disebabkan karena Sekring / fuse pada mainboardnya putus,,, nah kalau mau lihat posisinya pada mainboard ini dia gambarnya :

Pada mainboard sekring atau fuse dikasi kode F1 dan F2, bentuknya kecil sekali, kita tinggal sambung ujung yang satu atau F1 dengan ujung yang satunya lagi atau F2 dengan kabel satu helai,,,

jika sudah tersambung silahkan anda coba,,, 
semoga berhasil,,, amin



7 komentar:

  1. Ini masalah yg kuhadapi, akan ku coba nech. Thanks Bro, info-nya.

    BalasHapus
  2. mas zie.....
    printer r230 saya baru di pake ngprint kira2 100 lmbr. eh ditengah2 sedang ngprint kertas tersendat-sendat dan bunyinya printer pada roll-nya juga aneh kaya bunyi (grrkkk). trus ada warning paper jump. kenapa ya sob?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman yangsama
      batang as dudukan head nya di baluri munyak sayur atau plums aja mas
      dijamin bunyinya ga ada..

      Hapus
  3. mas
    punya saya r230 bisa print tapi ga ada hasil alis kosong, keluar kertas putih. gara2nya waktu itu pernah di tuker mainboard dengan yang satunya yang tipe r230x. apa mungkin itu juga masalhnya. mohon petunjuknya
    terimaksih

    BalasHapus
  4. mas udah saya coba dan ada bunyi di bagian head nya sesudah kira2 3 menit kemudian printernya mati mas apa ada solusi yang lain jika apa mungkin ada yang lain mas

    BalasHapus
  5. mas saya sudah sambung kabelnya tapi juga gk bisa .... hasil print masi kosong ...... ada alternatif lain gak ... please

    BalasHapus