Jumat, 16 November 2012

Perbaiki Printer Canon Mati Total ( MATOT )




Assalamualaikum. Wr. Wb,,

salam sejahtera untuk kita semua semoga Allah SWT  melindungi kita dunia akhirat, Shalawat serta salam atas junjungan Alam Nabi Besar Muhammad SAW, yang telah membawa Umatnya dari jlan yang sesat menuju jalan yang lurus.


Printer Canon sering kita jumpai mati total atau biasa kita sebut dengan MATOT, kali in saya akan berbagi sedikit cara menganalisa kerusakan pada printer Canon yang mati total tersebut.

Sebelum kita memvonis MAinboard atau Logic boardnya alangkah baiknya kita cek dahulu bberapa komponen atau spare parts nya antara lain Adaptor pada printer tersebut.

Cek adaptor tersebut. jika anda kurang yakin atau tidak ada alat untuk tes output nya anda bisa mencoba dengan mengganti adaptor tersebut dengan adaptor dari printer sejenis, atau canon seri lain,asal tegangan outputnya sama.

Jika sudah mengganti adaptor printer dengan yang normal tetapi printernya belum bisa hidup, anda bisa mengecek dahulu kabel2 penghubung antara adaptor dengan logic boardnya, mungkin saja putus atau digigit binatang2 kecil.

Setelah semua itu dilakukan tetapi printernya belum juga bisa hidup berarti printer anda mengalami kerusakan pada mainboardnya. dan anda harus mengganti mainboard atau logic boardnya tersebut.

Intinya dalam menganalisa sebuah kerusakan pada printer alangkah baiknya anda memulainya dari hal atau komponen atau spare part yang paling mudah dahulu, jangan terlalu cepat memvonis kerusakan sebelum melakukan pengecekan,,

semoga bermanfaat.,,

Wassalamualaikum.Wr .Wb


5 komentar:

  1. mas caranya ngelepas adaptornya printer canon mp237 gimana ya mas,,,,

    BalasHapus
  2. Assalamau'alaikum .....
    salam kenal pak .....
    (wongpengkol)

    BalasHapus
  3. apik yo mas blok e ....

    BalasHapus
  4. mas pirinter canon mp160, kabel slendangnya putus pengaruh jugak ya?

    BalasHapus
  5. cara perbaiki logic nya gmana mas ?????

    BalasHapus