Rabu, 27 Juli 2011

Canon mp198 Error B200

Inilah printer mp198, bentuknya dapat diliat seperti disamping mirip ma keluaran vendor canon yang seri mp258.
Tapi printer ini lumayan bandel juga enggak rewel rewel amat, tapi namanya juga barang elektronik enggak bisa lepas dari kerusakan walapun dibilang bandel, kayak orang bilang, sekuat kuatnya seseorang pasti ada kelemahannya juaga, atau pasti pernah merasakn sakit,kurang enak badan sejenis sakit misalnya, tapi papun penyakitnya pasti ada obatnya hehehe,.,...
okelah kita kembali ke printer mp198 ini saja, baru baru ini saya mengalami atau menemukan kerusakan pada printer jenis ini Error E30. Awalnya saya bingung E30 atau E03 karena beda tipis, biasanya E03 itu menunjukkan paper jam, setelah saya test print ternyata printernya bukan paper jam akan tetapi menunjukkan Error B200.
Awalnya saya menduga di bagian mekanik, akan tetapi saya terlebih dahulu cek bagian Catridgenya karena bisa jadi Error tersebut diakibatkan karena Catridgenya.
Setelah saya coba mengganti yang hitam printernya tetap menunjukkan Error tersebut saya pasang kembali Catridgenya, kemudian saya mencoba ganti Catridgenya yang Warna Alhamdulillah Printernya merespon dengan baek, Printernya normal kembali,.,
Jadi sebelum membongkar terlebih dahulu anda sebaiknya mengecek bagian ini apa lagi Error yang belum diketahui jenis kerusakannya dimana, oh iya printer MP198 ini bisa menggunakan 2 jenis catridge.,.
yaitu Catridge  PG 40, atau PG 830 untuk yang Black
sedangkan untuk yang warna CL 41 dan CL 831 bentuknya mirip banget hampir enggak ada beda sama sekali,,,
selamat mencoba semoga bermanfaat,.,.,.,.

2 komentar: