Senin, 25 Juli 2011

Printer HP laserjet P2055D OUTPUT BIN IS FULL

Sudah kah anda menemukan printer HP laserjet P2055D yang error di Display bertuliskan OUTPUT BIN IS FULL, baru baru ini saya menemukan seperti itu. Padahal prinetr tersebut masih keliatan baru dan Toner yang digunakan juga tidak sembarang, maksudnya tidak gunakan merek sembarang, yang digunakan Toner asli dan bukan refill, tapi toh yang namanya printer atau apapun juga bisa mengalami kerusakan yang masih barang jenis elektronik hehehe.,.
saat menerima printer ini saya test berkali ali karena gk mungkin printer dalam masih kondisi mulus alias setengah baru bisa langsung rusak di bagian MB, apa lagi ada yang bilang di bagian IC, tp namanya juga beda orang, beda caranya dan beda tempat kerusakannya walapun printer itu memiliki pesan error yang sama.
Setelah cari cari didunia maya yang saya dapatkan hanya beberapa yang tidak begitu saya mengerti, karena sebagian mnunjukkan ke arah MB dimana pada MB Atau Mainbord tersebut ada IC yang dianggp sudah rusak.
Sedangkan pendapat yang lain mengatakan, bahwa printer tersebut minta reset, tapi bingung juga karena saya cari cara resetnya enggak ketemu ketemu, ada juga yang bilang karena Sensor kertasnya ada yang menghambat, sedikit masuk akal seh tapi sebelum melakukan pembongkaran printenya saya coba lagi sambil memperhatikan tiap2 sisi printer, buka yang bisa dibuka, cek semua sensor, tapi gk menemukan sesuatu yang mengganjal di tiap bagian printer tersebut.
Tanpa disengaja mata saya tertuju pada bagian tempat keluarnya kertas di bagian atas printer, disana ada keliatan bengkok, karena saya merasa tidak sewajarnya sperti itu, akhirnya saya perbaiki posisinya, bentuknya agak panjang horizontal tapi pas bagian tengahnya membengkok.,.ada yang terlepas dari jalurnya..
Setelah saya perbaiki tanpa membongkar dan tanpa melepas baut satupun, kemudian saya mencoba printernya.,.
Alhasil printernya berjalan Normal, Test beberapa kali tidak ada masalah.
telitilah sebelum anda melakukan pembongkaran....
Saya mendapat banyakl pelajaran dari ini semua:
1. Telitilah pesan Error terlebih dahulu pada printer, pahami maksudnya karena itu sangat membantu dalam memperbaiki printer.
2. Sebelum anda membongkar  anda harus memastikan terlebih dahulu letak kerusakannya, karena membongkar tanpa mengetahui letak kerusakannya bisa jadi akan memperparah printer itu sendiri.
3. Carilah saran atau penyelesaian di orang2 terdekat yang mungkin pernah mengalami kerusakan yang sama. jika punya akses ke minternet ada baeknya juga anda  mencari dan bertanya tanya.
4. cek teliti tiap bagian printer anda sebelum melakukan pembongkaran karena bisa jadi kerusakannya bisa diatasi dengan tanpa membongkar..
Demikian  pengalaman yang saya bisa bagikan untuk anda sekalian.,. Semoga bermanfaat.,.,

0 komentar:

Posting Komentar