Sabtu, 23 Juli 2011

Perbaiki Printer HP D1360,D2466 atau yang sejenis Mati Total/ MATOT












Printer seri hp banyak kita temukan dipasaran, selain karena murah meriah, printer ini juga cukup bisa diandalkan, tak jarang kita jumpai di kantor kantor pemerintahan maupun Swasta,..
Dari segi desain printer ini cukup langsing, mungil tidak makan tempat, tapi terkadang kita juga mengalami masalh maslah yang mungkin bagi sebagian orang menganggapnya sebagai masalah yang sudah mendarah daging pada printer seri ini bahkan sampai sekarang printer terbaru yang yang dikeluarkan Vendor hp tak lepas dari masalah, salah satunya yang akan kita bahas kali ini adalah MATI TOTAL / MATOT,
Baiklah untuk mempersingkat waktu anda saya akan langsung tutup poin aja...
Kita ketahui printer hp jenis ini atau sekelasnya memiliki MAINBORD berada dibawah tempat Parkirnya Catridgenya, jika Anda melakukan refill atau isi ulang tinta terlalu banyak bisa jadi lama lama printer yang anda miliki akan mengalami MATOT, selain itu jenis kerusakn lain juga bisa diakibatkan karena pengisian tinta terlalu banyak, jika itu dilakukan catridgenya akan terus mengeluarka tinta walaupun printer anda tidak dalam kondisi pakai alias mati.
Jika printer yang anda miliki mengalami mati total, jangan khawatir saya akan berbagi informasi tentang cara memperbaikinya.
Mati total biasanya letak kerusakannya ada pada Mainbordnya, di dalam mainbordnya itu bisa kita jumpai dioda yang bentuknya hitam kecil atau dalam dunia Elektronika biasa dilambangkan dengan huruf D.
Dioda tersebut mengalami short atau jika kita ukur bolak balik dengan Testmeter maka pada testmeter tersebut akan selalu menunjukkan angka Nol walaupun posisi ukurnya dibalik.
Jika demikian anda harus menggantinya dioda tersebut dengan yang sesuai dengan ukurannya, hati hati jangan sampai terbalik cara memasangnya perhatikan Anoda dan Katodanya, jika kurang jelas anda bisa melihatnya pada gambar disamping.
Nah coba anda ganti dan di Test semoga bermanfaat.....Amin Amin Amin Ya Robbal Alamiiinn..,

4 komentar: